RSS

Kilas Balik Laporan Penugasan ke Korea

01 Mar

Artikel ini adalah merupakan laporan singkat sehubungan dengan penugasan saya  mengikuti Cultural Partnership Initiative Program 2012, di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 01 Juni 2012 sampai dengan 30 November 2012. Adapun laporan ini ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan tembusan kepada Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Sebagai unit eselon I dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual memiliki peranan strategis dalam membuat kebijakan nasional tentang Kekayaan Intelektual dalam hal ini dikhususkan kebijakan nasional mengenai Hak Cipta.

Tertanggal, 01 Maret 2013.

KementerianKebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea berperan aktif dalam mempromosikan budaya, olahraga dan pariwisata melalui “event” yang dinamakan Cultural Partnership Initiative (CPI). Korea Copyright Commission (KCC) adalah kantor hak cipta korea dibawah naungan MCST “The Ministry of Culture, Sports and Tourism” Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea. KCC mempunyai tugas sebagai  mediasi sengketa hak cipta, pendaftaran hak cipta, penilaian dan penelitian sistem hukum (rekomendasi draft kebijakan hukum untuk disampaikan ke MCST), mengambil tindakan terhadap beragam jenis pelanggaran hak cipta dengan berkonsentrasi pada proyek-proyek baru termasuk hak cipta digital forensik dan teknis serta melindungi karya-karya kami di luar negeri dengan melakukan kerjasama dengan negara-negara terkait lainnya.

index

Ketika berbicara Budaya dan Hak Cipta, keduanya dapat dikatakan merupakan hal yang berbeda, tetapi keduanya harus dapat bersinergi berjalan saling melengkapi. Di analogikan ketika Budaya itu di promosikan, maka sistem hak cipta memproteksi secara otomatis hal-hal yang terdapat unsur hak ciptanya. index(Prof. Park, Deok Young – Yonsei University)

 

Disinilah tugas KCC selalu men-support dari kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh MCST.  Mengenai Collective Management Organization (CMO) di Korea Sebuah CMO adalah non-profit, non-pemerintah, badan hukum yang diberikan wewenang oleh pencipta, pemegang hak cipta, atau pemegang hak terkait untuk mengelola beberapa hak ekonomi dan mengumpulkan dan mendistribusikan royalti. CMO harus dibagi berdasarkan bidang pekerjaan mereka dan wewenang untuk mengelola kategori lapangan karya cipta atau karya hak terkait. Di Korea ada 12 CMO, masing-masing bertanggung jawab dari satu kategori karya hak cipta atau hak terkait. Misalnya Korea Music Copyright Association (KOMCA) mengelola hak kinerja masyarakat, hak penyiaran, hak reproduksi dan hak transmisi interaktif karya musik. CMO harus harus memiliki sistem manajemen administrasi dan kemampuan keuangan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan royalti berdasarkan pada sistem administrasi keuangan dan akuntansi, dan membangun sistem manajemen aset sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebuah CMO harus mendapatkan ijin operasi dari pemerintah. Dalam hal ini MCST sebagaimana ditentukan oleh Keputusan Presiden. KCC di bawah naungan MCST memiliki kewenangan untuk membuka pendaftaran CMO dan mengumpulkan data yang akurat dari CMO digunakan untuk memberikan masukan kepada MCST yang kemudian disahkan oleh MCST.

index

Bahwa issu terkini di Korea adalah membahas tentang “Promoting the use of works in global digital environment : Creative Utilization of Orphan Works” Mempromosikan penggunaan karya hak cipta dalam lingkungan digital global dimana karya cipta tersebut berasal dari ciptaan yang tidak diketahui penciptanya. (Seoul Copyright Forum 2012) index

 

Pemerintah Korea memanfaatkan karya cipta yang bersifat publik domain / sudah habis masa perlindungannya serta karya cipta yang berasal dari ciptaan yang tidak diketahui penciptanya dengan cara menginventarisir dan membuat suatu database yang nantinya negara yang memegang hak atas ciptaan tersebut yang dapat digunakan secara non komersil kepada masyarakat Korea, pengecualian terhadap negara lain yang akan menggunakan karya ciptaan tersebut.

 
Leave a comment

Posted by on March 1, 2013 in Office

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: