RSS

Penting Tidaknya Pendaftaran Hak Cipta Seni Lagu atau Musik

24 Mar

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta mengatur bahwa dalam Pasal 2 Ayat (1) Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara OTOMATIS setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam hal ini khususnya lagu atau musik tidak perlu didaftarkan untuk mendapatkan perlindungan karena ciptaan tersebut lahir dari suatu ide yang telah dituangkan dalam bentuk nyata yang artinya ciptaan tersebut dapat langsung dipertunjukkan dan perlindungan ini diberikan secara otomatis oleh Undang-undang Hak Cipta.

Perlindungan Hak Cipta atas sebuah lagu atau musik saat ini menjadi semakin penting karena maraknya persaingan diantara para produser rekaman untuk menghasilkan penyanyi dan lagu yang terbaik, membuat para produser ini menggunakan segala cara, termasuk cara yang merugikan pencipta. Disinilah perlindungan Hak Cipta dapat melindungi hak si pencipta.

Walaupun perlindungan Hak Cipta diberikan secara otomatis oleh Undang-undang Hak Cipta, akan lebih baik apabila pencipta yang ingin mengalihkan hak ekonomi dari lagu ciptaannya, dapat mendaftarkan lagu ciptaan tersebut sebelum menawarkannya kepada pihak lain. Dalam hal untuk menghindari terjadinya sengketa yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Cipta dan sertifikat pendaftaran Hak Cipta merupakan bukti awal yang kuat di pengadilan bila terjadi sengketa.

Dengan mendaftarkan Hak Cipta, Pencipta memiliki kekuatan hukum atas lagu ciptaannya. Sengketa yang paling sering terjadi adalah pengakuan Hak Cipta oleh pihak lain. Produser rekaman yang memiliki itikad tidak baik, seringkali mengakui lagu yang merupakan hasil ciptaan orang lain (seorang pencipta), sebagai hasil ciptaannya sendiri. Dalam situasi seperti ini, sertifikat pendaftaran Hak Cipta dapat menjadi senjata yang kuat untuk melindungi pencipta.

Untuk Pencipta yang ingin menjual lagunya tetapi belum mendaftarkan lagu ciptaannya, dapat membentengi diri dengan cara lain, yaitu dengan menyimpan data-data berupa file-file pada saat proses awal lagu itu tercipta sampai proses rekaman lagu tersebut. Pencipta dapat menggunakan data dan materi lagu tersebut, sebagai bukti kepemilikan Hak Cipta atas lagu ciptaan tersebut.

Selain dengan cara menyimpan data lagu tersebut, pencipta juga dapat melindungi ciptaannya dengan cara meminta tanda bukti berupa surat keterangan (hitam diatas putih) pada saat terjadi proses negosiasi peralihan hak, bahwa telah terjadi proses negosiasi pengalihan hak dengan pihak lain.

 
3 Comments

Posted by on March 24, 2010 in Office

 

3 responses to “Penting Tidaknya Pendaftaran Hak Cipta Seni Lagu atau Musik

  1. Amri MF

    April 14, 2010 at 10:06 am

    tapi masalahnya biarpun ada hak cipta tetep dibajak, Indonesia gitu lho

     
    • krissantyo

      April 14, 2010 at 1:26 pm

      Setidaknya ini merupakan upaya langkah preventif seseorang (pencipta) untuk melindungi karya ciptaannya… Lakukanlah hal-hal yang baik untuk diri kita walaupun manfaatnya sedikit… ok bro…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: