RSS

Pendaftaran Hak Cipta Seni Lagu atau Musik dengan atau tanpa teks

11 Mar

BACA DULU :

Ketentuan Umum (Pasal 1) dan ayat-ayatnya :

  1. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu Ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.
  3. Ciptaan adalah hasil setiap karya Pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra.
  4. Pemegang Hak Cipta adalah Pencipta sebagai Pemilik Hak Cipta, atau pihak yang menerima hak tersebut dari Pencipta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut.
  5. Pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, penjualan, pengedaran, atau penyebaran suatu Ciptaan dengan menggunakan alat apa pun, termasuk media internet, atau melakukan dengan cara apa pun sehingga suatu Ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat orang lain.
  6. Perbanyakan adalah penambahan jumlah sesuatu Ciptaan, baik secara keseluruhan maupun bagian yang sangat substansial dengan menggunakan bahan-bahan yang sama ataupun tidak sama, termasuk mengalihwujudkan secara permanen atau temporer.
  7. drop (useless).
  8. Program Komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi- instruksi tersebut.
  9. Hak Terkait adalah hak yang berkaitan dengan Hak Cipta, yaitu hak eksklusif bagi Pelaku untuk memperbanyak atau menyiarkan pertunjukannya; bagi Produser Rekaman Suara untuk memperbanyak atau menyewakan karya rekaman suara atau rekaman bunyinya; dan bagi Lembaga Penyiaran untuk membuat, memperbanyak, atau menyiarkan karya siarannya.
  10. Pelaku adalah aktor, penyanyi, pemusik, penari, atau mereka yang menampilkan, memperagakan, mempertunjukkan, menyanyikan, menyampaikan, mendeklamasikan, atau memainkan suatu karya musik, drama, tari, sastra, folklor, atau karya seni lainnya.
  11. Produser Rekaman Suara adalah orang atau badan hukum yang pertama kali merekam dan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan perekaman suara atau perekaman bunyi, baik perekaman dari suatu pertunjukan maupun perekaman suara atau perekaman bunyi lainnya.
  12. Lembaga Penyiaran adalah organisasi penyelenggara siaran yang berbentuk badan hukum, yang melakukan penyiaran atas suatu karya siaran dengan menggunakan transmisi dengan atau tanpa kabel atau melalui sistem elektromagnetik.
  13. Permohonan adalah Permohonan pendaftaran Ciptaan yang diajukan oleh pemohon kepada Direktorat Jenderal.
  14. Lisensi adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak Terkaitnya dengan persyaratan tertentu.
  15. s.d. 17. drop (useless).

Ciptaan yang Dilindungi (Pasal 12)

Dalam Undang-undang ini Ciptaan yang dilindungi adalah Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang salah satunya mencakup seni lagu atau musik dengan atau tanpa teks.

Fokus pada dalam seni lagu dan musik atau tanpa teks, dimaksudkan agar para pelaku musik di indonesia baik pencipta, pemegang hak cipta, produser rekaman, lembaga penyiaran lebih mengerti mengenai hak cipta serta perlindungannya. Bagi teman-teman yang ingin menanyakan info ataupun mendaftarkan karya ciptaannya berupa seni lagu dan musik atau tanpa teks, kiranya dapat menanyakan di kolom komentar.

Ketentuan resmi pendaftaran :

Permohonan pendaftaran ciptaan diajukan dengan cara mengisi formulir yang disediakan untuk itu dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap 2 (dua). Pemohon wajib melampirkan:

  1. Foto Copy KTP
  2. Surat kuasa khusus, apabila permohonan diajukan melalui kuasa;
  3. Contoh ciptaan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • CD/VCD/DVD: 2 (dua) buah rekamannya;
  • lagu: 10 (sepuluh) lembar berupa notasi dan atau syair;

Untuk Formulir klik disini

Tarif/Biaya sesuai Peraturan Pemerintah No.38 Tahun 2009 :

Rp. 200.000,-/permohonan


About these ads
 
52 Comments

Posted by on March 11, 2010 in Office

 

52 responses to “Pendaftaran Hak Cipta Seni Lagu atau Musik dengan atau tanpa teks

  1. LUVANA BAND

    March 22, 2010 at 5:33 am

    MINIMAL BERAPA LAGU??
    ALAMAT PENDAFTARANNYA DIMANA??

     
    • krissantyo

      March 23, 2010 at 4:02 pm

      sebelumnya mohon maaf baru sempat balas…

      Pengajuan permohonan bisa dalam bentuk CD, biasanya dalam satu CD cukup muat untuk hasil recording format “wave” sebanyak 12 lagu atau jika dalam format mp3 dalam satu CD bisa memuat lebih banyak lagu. Dikondisikan saja dengan jumlah lagu yang telah dibuat/diciptakan oleh kawan luvanaband.

      Perlu diingat akan lebih baik jika didaftarkan pula teks lirik beserta note balok lagu tersebut, karena dinilai lebih mendetail secara subtantif, tetapi lebih membutuhkan biaya yang lebih besar dikarenakan didaftarkan satu lagu/permohonan

      Jadi, pilihan sekarang terserah kawan luvanaband, mau berupa CD atau teksya. Sekian

      Alamat :
      Kantor Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual
      Jl. Daan Mogot KM.24 Tangerang -15119

       
  2. JEFFRY A. TUMIMOMOR

    April 6, 2011 at 6:30 am

    I have created 1 song, both in Indonesian and English. I like it will bless the whole world with it. Is this “Hak Cipta” Blog also go international?

     
    • krissantyo

      April 6, 2011 at 7:02 am

      Hai
      Jeffry

      Nice question, i’ll try to answer..

      In Indonesia law Copyright shall mean an exclusive right for an Author or the recipient of the right to publish or reproduce his Work or to grant permission for said purposes, without decreasing the limits according to the prevailing laws and regulations. It’s mean, when the creators or author make a song and then the song was announced, that creation automatically is the property of the creator. As an example posted on youtube, there’s any the name of the creator and date publishing the creation. It just enough for verification of the creation. But possibility of regulation in other countries to be registered on the copyright office.

       
  3. Bang Naga

    April 15, 2012 at 1:36 pm

    trimakasih

     
  4. ari ekowati

    May 10, 2012 at 1:23 am

    halo HAKI.. formulir pendaftaran di ruangan ini, sy klik kok gak bs? sy punya byk lagu, tpi yg sdah sy arrasemntkan msih 1 buah.dapatkah sy hy mendaftarkan 1 buah lagu sj. knpa HAKI hy ada di jkarta ya jauh bnget. susah jdinya utk mendaftarkan. apa mllui pos bs? tpi lbih mudahnya HAKI juga ada di stiap propinsi. terimakasih jawabannya. sy tunggu

     
    • krissantyo

      May 10, 2012 at 1:51 am

      Hallo Ari Ekowati sekedar info saja link formulir hak cipta sudah diperbaiki, silahkan di cek lagi. Untuk mendaftarkan lagu dapat berupa CD atau berupa teks lirik disertakan not balok dan kunci nada. Untuk domisili HKI terpusat di jakarta, melalui pos kurang disarankan, alangkah baiknya datang langsung ke kantor kami di Jl. Daan Mogot KM. 24 Tangerang Banten 15119 atau bisa mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (bagian pelayanan hukum) pada daerah Propinsi masing-masing untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

       
      • ari ekowati

        May 10, 2012 at 1:42 pm

        terimakasih atas jawabannya bapak Krissantyo

         
  5. Bian Teerani

    December 11, 2012 at 3:08 pm

    malam..saya mau daftar hak cipta lagu saya .. kalo hanya daftar 1 lagu bisa ga .. trimaksih

     
  6. Bian Teerani

    December 11, 2012 at 3:09 pm

    dan berapa lama proses nya :) trimakasih

     
  7. Adam Lamakarupa

    February 23, 2013 at 3:44 am

    alamat nama instasi mana saja tempat pendaftarannya ?

     
  8. krissantyo

    February 26, 2013 at 4:21 am

    @Bian Teerani : Bisa, untuk daftar 1 lagu saja. Lama proses 9 bulan
    @Adam Lamakarupa : Alamat tertera diatas, mohon lihat comment sebelumnya

     
  9. saepudin

    April 25, 2013 at 2:53 pm

    maaf boss apa saja persyaratan untuk pndaftaran hak cipta itu…….?

     
  10. Kacau

    April 29, 2013 at 7:06 am

    Alamakkk kenapa prosesnya perlu sampai 9 bulan??
    Lama sekali, seperti waktu yg dibutuhkan untuk punya satu momongan…

     
  11. krissantyo

    April 30, 2013 at 6:59 am

    @saepudin : Lihat kembali artikel diatas mengenai persyaratanya
    @Kacau : Sesuai dengan Pasal 37 Ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

    Terhadap Permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Direktorat Jenderal akan
    memberikan keputusan paling lama 9 (sembilan) bulan terhitung sejak tanggal diterimanya Permohonan secara lengkap.

     
  12. satiyem

    May 2, 2013 at 4:45 am

    Bila tdk usah notasi tapi langsung ada sample di vcd apakah bisa didaftarkan?

     
  13. krissantyo

    May 8, 2013 at 8:28 am

    Bisa! Akan tetapi untuk secara substansi isi dari cd tersebut kurang kuat (tidak ada sistem penulisan karya musiknya) karena hanya berupa suara dan musik.

     
  14. syahrul ihsan

    May 11, 2013 at 1:19 pm

    sy mencipta lagu tp enggak ngerti not balok gimana ? dan baru 6 lagu .tp tetep sy ingin daftarkan………. mhn penjelasan…

     
    • krissantyo

      May 15, 2013 at 2:44 pm

      Bisa, walaupun hanya karya rekamannya saja. Syarat n ketentuan lihat postingan diatas.

       
      • yaskur

        June 9, 2013 at 12:42 pm

        Apakah harga per permohonan dengan 1 CD isi 10 lagu dan 1 CD dengan hanya 1 lagu itu sama mas?
        trims.

         
  15. krissantyo

    June 10, 2013 at 4:45 am

    iya sama. alangkah baiknya ketika mendaftarakan sudah mempunyai lebih dari satu lagu.

     
  16. finda

    June 10, 2013 at 12:05 pm

    Pak kris saya mau tanya..
    Saya ada 5 lagu dan sudah direkam, kalau saya ingin mendaftarkan hak cipta saya dan jika lamanya hak cipta itu adalah 9 bulan selesai, apakah bisa jika saya menyebarluaskan lagu saya tersebut sebelum 9 bulan selesainya hak cipta tersebut??
    Thnx

     
  17. Pembela

    June 20, 2013 at 7:22 am

    saya pencipta lagu daerah batak mas…lagu kita uda 20 lagu diangkat mas, tapi lagu kami cuma dinilai 200rb mas trus gk ada dikasi royalti, soalnya kalau diminta tentang royalti lagu kami gak akan diangkat mas, menurut mas gmn mas? apakah sebelum diangkat dan disepakati dengan produser lebih baik dibuat dulu hak ciptanya mas? supaya nilai lagu itu ada dan mendapatkan royalti? mohon kejelasannya mas, krn dgn nilai yg diberikan saya sudah tidak tertarik lagi menciptakan lagu2 daerah mas…..

     
  18. krissantyo

    June 21, 2013 at 2:31 am

    @Finda : pada dasarnya tidak masalah jika menyebarluaskan lagu tersebut tanpa harus menunggu selesainya pendaftaran hak ciptanya. Mengacu pada UU hak cipta, dalam pasal 2 menyebutkan bahwa “hak cipta” timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan. Pendaftaran hak cipta dimaksudkan sebagai bukti pelengkap atas ciptaan.
    @Pembela : semua itu tergantung perjanjian oleh kedua belah pihak (si pencipta dan produser), beli putus atau bersifat lisensi berupa pembayaran royalti atas karya ciptaan.

     
  19. iin

    July 3, 2013 at 7:31 am

    sy masih kurang mengerti pada cara pengisian formulir pendaftaran nya, pada bagian kuasa itu di isi nama siapa?
    dan uraian ciptaan itu maksud nya gimana?
    terima kasih

     
    • krissantyo

      July 8, 2013 at 2:11 am

      @iin : Pada bagian kuasa dikosongkan (jika tidak diwakili). Untuk uraian adalah penjelasan dari hak cipta tersebut. Sebagai Contoh : Jenis dan Judul ciptaan yang dimohonkan : Seni Lagu “I Love U Monika”. Uraian Ciptaan : Lagu berjudul “I Love U Monika” dengan jenis irama musik Pop dengan nada awal C beserta lirik dalam bahasa inggris. (disesuaikan dengan minat si pencipta).

       
      • iin

        September 8, 2013 at 6:10 pm

        oke terima kasih..

         
  20. Najib Rasyid

    July 7, 2013 at 4:11 pm

    Dear mas kris, Saya pernah mendaftarkan lagu ciptaan saya sejak 2005 yang saya berikan dalam bentuk CD beserta teks/syairnya. Saya juga sudah menerima surat Penerimaan Permohonan Pendaftaran Ciptaan dari HaKI. Namun hingga hari ini, saya tidak pernah mendapat kabar apapun dari HaKI. Lalu saya diamkan saja karena nggak tau harus gimana. Sering juga saya menelepon, tapi susah sekali menghubungi HaKI.

    Tapi beberapa hari lalu, ada seseorang di acara salah satu TV swasta yang membawakan sebuah lagu yang persis sama dengan lagu saya. Hanya saja, liriknya diganti. Kebetulan aslinya lagu itu berbahasa Inggris, namun orang itu merubah lirik menjadi bahasa Indonesia.
    Usut punya usut, ternyata ditulis oleh penciptanya yang notabene adalah salah satu oknum mantan personil band saya dulu.
    Semua orang tahu betul kalau lagu itu sudah lama saya ciptakan bahkan sebelum bergabung dengan si oknum ini. Sebelumnbya memang oknum ini pernah bermasalah dan suka mencuri karya2 saya. Oknum ini bahkan tidak bisa berbahasa Inggris, tapi seringkali meminta supaya dia menjadi pencipta atas suatu karya orang lain yang dia minta. Mungkin karena memang berangkat dari keluarga artis, jadi dia merasa kuat.

    Sedangkan saya hanya punya surat Penerimaan Permohonan Pendaftaran Ciptaan. Dan pada saat mendaftarkannya, saya juga mengeluarkan sejumlah uang yang saya lupa berapa, tapi seingat saya lumayan besar karena total ada 5 lagu yang saya daftarkan berbarengan dengan lagu ini.

    Pertanyaan saya, kemana saya harus mengadu?
    Apa saya masih bisa melindungi karya ciptaan saya?
    Apa yang harus saya lakukan?

    Terima kasih

     
  21. krissantyo

    July 8, 2013 at 3:33 am

    @Najib Rasyid : Pertanyaan yang sangat kompleks sekali, saya mencoba menjawab satu persatu.
    1. Saat ini UU Hak Cipta mengatur bahwa tindak pidana hak cipta adalah delik biasa dimana tidak bergantung pada pengaduan dari pihak yang dirugikan. Dalam pelaksanaannya dimungkinkan pihak yang dirugikan mengadukan pada aparat penegak hukum (delik aduan). Aparat penegak hukum yang dimaksud bisa Polisi atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS HKI) yang ada pada Direktorat Penyidikan HKI.
    2. Masih, karena ketika suatu ciptaan dilahirkan maka Hak Cipta timbul secara otomatis dan dilindungi oleh UU.
    3. Inventarisir bukti2 anda menciptakan lagu tersebut; Tindak lanjuti surat penerimaan permohonan pendaftaraan ciptaannya; Konsultasi telebih dahulu; kemudian ajukan pengaduan kepada Direktorat Penyidikan HKI. Semoga bermanfaat

     
  22. ardi

    July 8, 2013 at 11:43 pm

    apakah tnpa not balok bisa bos cuma kirim teks dan rekaman saja sbab saya gak ngerti not baloknya, dan apakah cabang pendaftaran daerah malang gak ada bos

     
    • krissantyo

      July 9, 2013 at 1:46 am

      Liat postingan sebelumnya. Pendaftaran bisa melalui Kantor Wilayah Jawa Tengah KemenkumHAM, alangkah baiknya datang langsung ke kantor HKI pusat.

       
  23. ardi

    July 31, 2013 at 5:25 am

    untuk daftarin 30 lagu apakah sama biayanya mas?dan berapa lama hak cipta dapat di gunakan?

     
    • krissantyo

      December 23, 2013 at 1:08 am

      30 lagu jika dibuat dalam 1 CD/VCD/DVD bisa didaftarkan hanya 1x biaya, tetapi secara subtansi berupa notasi atau syair tidak termasuk didalamnya. Jadi alangkah baiknya dipisah. Untuk berapa lama hak cipta dapat di gunakan, lihat postingan sebelumnya.

       
  24. deary

    December 2, 2013 at 9:04 pm

    maaf seblumnya sy mau nanya..
    band q kn dh pnya 2 lagu yg udh rekaman. . tp kami bgung mau bkin hak cipta buat lagu kami. . kalau kami harus k jakarta ckup jauh jangkauannya krna kmi dri lampung. . trus solusinya gmana. . ???
    mhon bntuannya. .

     
    • krissantyo

      December 23, 2013 at 1:09 am

      Liat postingan sebelumnya. Pendaftaran bisa melalui Kantor Wilayah KemenkumHAM

       
  25. Rina mliawati

    April 22, 2014 at 1:29 am

    saya masih binggung dengan pendaftaran hak cipta lagu. apakah harus lebih dari 1 buah lagu atau tidak, dan apabila lagu kita sudah terdaftar adakah biaya lain-lain atau biaya pajak setiap tahunnya

     
    • krissantyo

      April 22, 2014 at 1:51 am

      Jangan bingung, baca dulu postingan diatas dan coba untuk dipahami. Tidak ada biaya atau pajak setiap tahunnya.

       
  26. roy mahatir

    April 30, 2014 at 8:32 pm

    kepd yth bpk/ ibu dewan yg terhormat,sy lg bingung,sy pnya lagu cipta’an karya sy sndri,tp sy bingung untuk memiliki hak cipta’an lagu sy,kl kya bgtu gimnna cra’nya ya bpk/ ibu?

     
    • krissantyo

      May 14, 2014 at 1:16 am

      tidak perlu bingung, ketika anda membuat suatu lagu, maka itu merupakan hak cipta lagu anda dan sepenuhnya milik anda

       
  27. muhammad

    May 13, 2014 at 3:24 pm

    Saya punya lgu yg udah not kunci, musik, dn rekaman 6 lgu bru. Klau diftarkn/dibuat hak cipta 6 lgu itu berapa biayanya?. Ktanya per permohonan perlagu ya.

     
    • krissantyo

      May 14, 2014 at 1:14 am

      Ya, lebih baik didaftarkan satu per satu. Untuk biaya lihat postingan diatas

       
  28. chandra purnama alam

    May 13, 2014 at 5:29 pm

    mas kris,, kalo saya sudah memiliki hak cipta dalam lagu saya,,, lalu beberapa lagu itu saya jual pada musisi lain,, apa hak cipta itu bisa di ubah oleh mereka sebagai pelanggan atu hak cipta tidak bisa di ubah sama sekali alias hak cipta tetap atas namakan saya meski lagu sudah terjual?? trims,,,

     
    • krissantyo

      May 14, 2014 at 1:27 am

      Didalam suatu ciptaan terdapat hak moral dan hak ekonomi. Sebagai contoh ketika bicara hak moral, nama pencipta otomatis tercantum di ciptaannya dan apakah dari pihak pencipta berkenan ciptaannya untuk dirubah. Semua tergantung perjanjian antara chandra dengan pembeli.

       
  29. Riza rinanto

    May 13, 2014 at 6:17 pm

    Hello mas, bagus sekali content dari postingan ini.

    Saya ingin bertanya di era modern ini kita sebagai musisi ikut terlibat aktif di jejaring media sosial dalam hal mempromosikan lagu kita tanpa bergantung pada major label. Saya ingin bertanya, jika suatu kondisi dimana kita memposting demo lagu di soundcloud, selang berapa bulan kita jual full version di online music store, dan terakhir kita membuat visual / official video clip dengan mencantumkan credit mulai dari produser – pencipta dll di visual tsb,

    akankah masih lemah hukum apabila ke depannya ada yang menjiplak dan mengatasnamakan hak cipta kita yang tidak terdaftar secara legal namun bukti otentik dari karya kita yang resmi di posting melalui beberapa jejaring sosial (itunes, youtube, soundcloud, web pribadi, dll) sudah tersebar dari jauh hari.

    Terima kasih

     
    • krissantyo

      May 14, 2014 at 1:08 am

      Pertanyaan yg sangat bagus, Mengacu pada UU hak cipta, dalam pasal 2 menyebutkan bahwa “hak cipta” timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan. Pendaftaran hak cipta dimaksudkan sebagai “salah satu” bukti pelengkap atas ciptaan yang apabila diminta jika terjadi kasus. Walaupun pada dasarnya Riza sudah memposting karya ciptaan melalui beberapa jejaring sosial seperti itunes, youtube, soundcloud, web pribadi. Tanggal postingan tersebut itu sudah merupakan “salah satu” bukti kuat atas karya cipta anda. Semakin anda mempunyai banyak bukti atas ciptaan anda semakin baik.

       
      • Riza rinanto

        May 14, 2014 at 4:20 am

        Terima kasih pak!

         
  30. Maria Yohana Lintang

    June 6, 2014 at 6:04 am

    Maaf mas mau tanya,
    kalau saya mau mendaftarkan lagu, tapi di dalam lagunya ada beberapa notasi yang saya ambil dari lagu lain. Apakah tetap bisa didaftarkan dengan mendaftarkan sebagian saja (notasi yg saya buat sendiri)?
    Apakah ini hanya berlaku untuk pendaftaran lagu saja? Misalnya saya ingin mendaftarkan produk game edukasi. Tapi background musik tidak ingin saya daftarkan(krn saya mendapatkan bgm dari internet), saya hanya ingin mendaftarkan karakternya saja apakah bisa?
    Terima kasih sebelumnya.

     
    • krissantyo

      September 9, 2014 at 4:06 am

      Pertanyanya cukup banyak.. saya coba jawab satu persatu..
      1. Untuk mendaftarkan lagu harus secara keseluruhan dari intro sampai ending.. akan sangat aneh jika anda mendaftarkan hanya sebagian saja.
      2. Produk game edukasi menggunakan background musik ciptaan orang lain alangkah baiknya mendapat ijin terlebih dahulu dari penciptanya atau lebih baik menghindari penggunaanya meskipun tidak diketahui siapa penciptanya, dikwatirkan ada pihak mengetahui atas penggunaan background musik tersebut dan meng-klaim di kemudian hari.
      3. Sangat dimungkinkan mendaftarkan seni gambar berupa karakternya saja. Sekian

       
  31. muhammad nurul huda

    June 25, 2014 at 8:50 pm

    saya mau bertanya, apa yang dimaksud 10 lembar not lagu atau syair, maaf saya masih awam mengenai hal ini dan satu lagi , proses pendaftaran hak cipta saya harus kemana?

     
    • krissantyo

      September 9, 2014 at 5:37 am

      dalam 1 lembar terdiri dari not lagu, syair, kunci nada, nama pencipta dsb, dibuar rangkap 10, liat postingan sebelumnya

       
  32. Andria tama

    August 20, 2014 at 5:07 pm

    Lagu2 saya cuma pake rekaman biasa,, yg di buat bukan di studio khusus rekaman,, tapi di rekam sendiri dirumah pake HP trus di kasih efek dikit pake sofwer Audacity…

    Pokok’a hasil rekaman’a jauh dari kata enak dh,, gx terlalu bersih suara’a…
    Kira2 tetep bisa di buat Hak Cipta’a gx..??
    Mohon penjelasan’a…

     
    • krissantyo

      September 9, 2014 at 5:43 am

      ketika andria tama membuat lagu walaupun dengan rekaman biasa, itu sudah merupakan ciptaan anda.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: